Wednesday, January 2, 2019



Naskah Drama “Jeng Menul” Karya Puthut Buchori
A. Identitas Naskah
1. Judul Pementasan                : Jeng Menul
2. Sutradara                             : Antonius Indra
3. Dipentaskan  oleh                 : Kolaborasi Theater Mishbah dan Mahasiswa PBSI
4. Tempat Pementasan            : Lab. Karawitan FBS
5. Tanggal Pementasan            : 30 November 2018
B. Sinopsis
Naskah drama ini mengisahkan seorang gadis bermana Rumenul Setyo Kinasih yang akrab disapa “Jeng Menul”, dia berprofesi sebagai penjual bubur yang sangat laris dan pembelinya rata-rata lelaki sehingga membuat para istri curiga dengan si Jeng Menul ini.
Adegan pertama menceritakan keluarga Mat Kranjang dan istrinya Mbok Tomblok, Mat Kranjang meminta ijin kepada istrinya agar dia saja yang membeli bubur di warungnya Jeng Menul untuk menyuapi anaknya. Namun, Mbok Tomblok justru curiga dengan gelagat suaminya. Dan terjadilah perdebatan diantara mereka.
Adegan kedua menceritakan keluarga Arjo Anggur dan istrinya Yu Giyat. Arjo Anggur yang pengangguran memaksa minta uang kepada istrinya, karena hal itu pula yang menimbulkan perdebatan diantara keduanya. Lain lagi dengan keluarga Cempluk, Dal Gaplek, dan Nini Sunyi, Cempluk berdebat dengan Dal Gaplek karena tak membolehkannya makan di warung Jeng Menul. Namun, perdebatan diantara mereka dilerai oleh Nini Sunyi dengan memberikan jalan tengah, yaitu mereka pergi bersama-sama ke warungnya Jeng Menul supaya tidak ada curiga satu sama lain.
Di sisi lain, ada Mas Romo penjual bubur yang merasa tersaingi dengan adanya Jeng Menul. Mas Romo pun memprovokatori para istri-istri untuk melaporkan Jeng Menul ke hadapan Lurah. Awalnya para istri memang termakan omongannya Mas Romo, namun mereka sadar kalau Mas Romo hanya memanas-manasi mereka saja. Akhirnya mereka mengutarakan kegelisahannya mengenai Jeng Menul dan Mas Romo kepada Mbah Angin-anginan. Kemudian, Mbah Angin-anginan pun mengarahkan mereka untuk sowan ke rumah Denmas Lemuduso mencari jalan keluar yang lebih baik. Semua masalah dan kecurigaan pun dapat terselesaikan dengan mereka kumpul dan memecahkan masalah bersama di rumah Denmas Lemuduso.

No comments:

Post a Comment

DEBAT Pengertian Debat : Debat adalah kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih baik itu perorangan ataupum kelompok dalam men...