Wednesday, January 2, 2019



Novel “Dilan:Dia Adalah Dilanku Tahun 1990” Karya Pidi Baiq
A. Identitas Buku
1. Judul Buku              : Dilan:Dia Adalah Dilanku Tahun 1990
2. Penulis                     : Pidi Baiq
3. Penerbit                   : PT Mizan Pustaka
4. Tahun Terbit            : 2015
5. Kota Terbit              : Bandung
Baiq, Pidi. 2015. Dilan:Dia Adalah Dilanku Tahun 1990. Bandung: Mizan Pustaka.
B. Sinopsis
Novel “Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990” menceritakan kisah cinta Milea dan Dilan. Milea adalah seorang murid baru pindahan dari Jakarta. Dan pada saat ia berjalan menuju sekolahnya, ia bertemu Dilan yang mengaku sebagai seorang peramal. Dilan berkata bahwa mereka akan bertemu dikantin. Awalnya Milea tidak menghiraukan apa yang dikatakan dan dilakukan Dilan, namun peramal itu selalu mengganggunya setiap hari. Hingga suatu hari, Dilan mengikuti Milea pulang dan di dalam kendaraan umum ia berkata “Milea kamu cantik, tapi aku belum mencintaimu, engga tau kalau sore. Tunggu aja.” Mendengar perkataan itu sontak membuat hati Milea berdegup kencang. Milea hanya diam karena ia juga memikirkan Beni, pacarnya di Jakarta.
Dilan mendekati Milea dengan cara yang tidak biasa, mungkin itu yang membuat Milea selalu memikirkannya. Dilan memberinya undangan untuk sekolah pada hari Senin-Sabtu, memberikan coklat melalui tukang pos, membawa Bi Asih untuk memijiti Milea yang sedang sakit, memberikan hadiah Teka Teki silang pada Milea sebagai hadiah ulang tahun Milea dengan sebuah tulisan “Selamat ulang tahun, Milea. Ini hadiah untukmu, Cuma TTS. Tapi sudah ku isi semua. Aku sayang kamu. Aku tidak mau kamu pusing karena harus mengisinya. Dilan.” Lambat laun Dilan dan Milea menjadi akrab. Milea banyak tahu tentang Dilan dari Wati, sepupu Dilan.
Suatu hari sekolah Milea di Bandung terpilih menjadi peserta cerdas cermat di TVRI, beberapa siswa yang bukan peserta dianjurkan ikut untuk menyemangati teman-temannya yang berlomba, Milea salah kirim satunya. Milea menyampaikan kepada Beni bahwa ia akan ke Jakarta. Tetapi Beni mengatakan bahwa Beni tidak bisa datang menemui Milea.
Saat Milea di Jakarta, Beni menemui Milea. Beni terkejut melihat Milea pacarannya sendiri sedang makan bersama laki-laki lain. Beni marah dan mengatai Milea dengan kasarnya dan hubungan mereka pun berakhir.

No comments:

Post a Comment

DEBAT Pengertian Debat : Debat adalah kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih baik itu perorangan ataupum kelompok dalam men...