Wednesday, January 2, 2019



Novel “Merantau ke Deli” Karya Hamka
A. Identitas Buku
1. Judul Buku              : Merantau ke Deli
2. Penulis                     : Hamka
3. Penerbit                   : Bulan Bintang
4. Tahun Terbit            : 1977
5. Kota Terbit              : Jakarta
B. Sinopsis
Merantau ke Deli merupakan realitas yang terjadi pada zaman kolonial. Deli adalah tempat di daerah Sumatera Utara yang memiliki lahan luas sebagai tempat utama perkebunan tembakau. Tentu dalam fakta sejarah dituliskan para pekerja yang terdapat dalam perkebunan tersebut adalah perantau dari luar Sumatera, yakni orang-orang Jawa dan Cina.
Hamka menuliskan bagaimana kehidupan yang dirasakan para pekerja di perkebunan yang sungguh miris dengan kondisi yang serba kritis. Hanya sedikit orang-orang perkebunan yang bernasib mujur dapat menjadi mandor, assistant, bahkan nyai.
Poniem adalah salah satu pekerja yang beruntung tersebut. Wajahnya yang sedikit cantik membuat ia dipelihara oleh Belanda dengan menjadi nyai. Sebuah istilah yang menyatakan bahwa ia simpanan Belanda. Poniem memang sebatang kara dan bodoh kala tiba di Deli ia hanya pasrah dengan nasib. Kehidupan sebagai seorang nyai hanya melayani sang tuan saja, seorang nyai tak harus dijadikan istri. Ibarat pepatah ia hanya madu yang dihisap manisnya saja.
Kepasrahan Poniem lantas mempertemukan dia dengan Leman, pedagang Minang yang jatuh hati dengan Poniem. Walau ia telah menjadi nyai, namun Leman tetap bertekad untuk menjadikan Poniem sebagai istri yang sah. Poniem menolak ajakan Leman untukmenikah karena ia malu dengan status nyai yang ia sandang. Sebaliknya, Leman yang memang telah jatuh hati nekad untuk menanti jawaban Poniem. Singkat cerita Poniem menerima cinta Leman dan keluar dari perkebunan Deli untuk menikah. Seusai menikah keduanya mencoba memulai kehidupan dengan berdagang, jalan terjal dalam membangun bahtera rumah tangga ditengah himpitan ekonomi kadang membuat Leman putus asa. Dalam hal ini, Poniem lah yang mampu membawa suasana dalam bahtera rumah tangga tersebut menjadi hidup. Poniem dengan budaya Jawanya memiliki kesetiaan sedarah dengan sang suami.  Keduanya saling bahu membahu hingga akhirnya ekonomi mereka membaik bahkan maju. Usaha mereka dibantu oleh teman Poniem yang melarikan diri dari Deli. Kemajuan pesat inilah yang lantas mengundang sacara tiba-tiba sanak saudara Leman, tentu hal ini menjadi kebanggaan keduanya ketika kemahsyuran mereka telah terdengar hingga kampung asal Leman di Minangkabau.
Latar belakang Poniem yang berasal dari Jawa dianggap asing oleh keluarga Leman. Bagi orang Minangkabau, belum dianggap menikah jika menikah bukan dengan orang Minang. Di tambah lagi Poniem adalah buruh yang tak jelas asal-usul keluarganya. Hal inilah yang menjadi pisau untuk membuat celah dalam keluarga Leman. Pada mulanya, keluarga menyayangkan pernikahan Leman yang tidak berjodoh dengan orang Jawa, lantas dilanjutkan dengan asal-usul keluarga yang tak jelas. Akhirnya, pihak keluarga Leman menyuruh Leman menikah lagi dengan wanita Minang pilihan keluarganya. Leman awalnya menolak, namun ia ragu dan akhirnya menerima usulan tersebut. Lain halnya dengan Poniem yang menolak pernikahan kedua suaminya, ia hanya bisa mengelus dada karena memang tak punya kuasa.
Pernikahan tersebut berlangsung, Leman membawa istri barunya ke Medan tinggal bersama dengan Poniem. Maka terjadilah konflik diantara kedua wanita itu. Poniem yang dipandang sebelah mata oleh istri muda memang tak mendapat perhatian dari Leman. Konflik memuncak kala Poniem bersitegang dengan istri muda dan akhirnya Leman lebih memilih istri mudanya dan menceraikan Poniem.
Poniem pun hidup sebatang kara dan terusir dari rumah yang dibangun bersama, mengingat hal itu membuat Poniem kian terluka dengan nasibnya. Bersama teman sejawatnya, Paijo, Poniem lebih memilih untuk membuka usaha baru menjauh dari Medan untuk melanjutkan hidupnya. Berbekal pengalaman dan keuletan bersama usaha mereka pun maju pesat, sebaliknya Leman yang ditinggal sang istri pertama mulai merasakan pahit akibat tidak mampu mengatur perdagangannya. Akhirnya Leman pun bangkrut dan diakhir cerita Poniem menikah dengan Paijo.

No comments:

Post a Comment

DEBAT Pengertian Debat : Debat adalah kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih baik itu perorangan ataupum kelompok dalam men...