Tuesday, December 4, 2018



Resensi Novel “Lintang Kemukus Dini Hari” Karya Ahmad Tohari
A.    Identitas Buku
1.      Judul Buku            : Lintang Kemukus Dini Hari
2.      Penulis                   : Ahmad Tohari
3.      Penebit                  : PT. Gramedia Pustaka Utama
4.      Tahun Terbit          : 1985
5.      Kota Terbit            : Jakarta
B.     Sinopsis
Novel “Lintang Kemukus Dini Hari” karya Ahmad Tohari merupakan buku kedua dari trilogi Ronggeng Dukuh Paruk. Dalam novel ini Dukuh Patuk masih tetap dengan kemiskinan dan kebodohannya. Namun, ada yang berbeda dengan novel sebelumnya, yaitu dalam novel ini menceritakan Srintil yang enggan untuk meronggeng karena cintanya yang ditinggalkan Rasus. Srintil dicampakkan Rasus dan merasa diinjak-injak harga dirinya. Bahkan sampai suatu saat ada seorang konglomerat bernama Marsusi yang mengiming-ngiminginya dengan kalung emas seberat 100 gram, ia tetap mogok meronggeng. Marsusi merasa terhina dan kemudian membalas penghinaan dengan membuat Srintil gagal pentas ketika ia menari di Dawuan dalam rangka peringatan hari merdeka. Sejak saat itu Srintil enggan menari lagi.
Berhenti pentas Srintil berpindah profesi menjadi gowok, yaitu perempuan yang mengajari perjaka sebelum menikah agar tidak memalukan di malam pertamanya. Tetapi, kemudian keronggengan Srintil kemudian membuat malapetaka karena pentas ronggengnya dijadikan kedok politik oleh Pak Bakar yang menanggapnya. Ketika dini hari lelangit berhias lintang kemukus, Dukuh Paruk kebakaran dengan kepulan asap yang menghanguskan rumah-rumah penduduk. Hal ini karena keronggengan Srintil menjadi bencana besar akibat politik. Pak Bakar benar-benar membakar Dukuh Paruk.
C.    Kesan
Penulis begitu detail dalam menggambarkan keadaan yang terjadi dalam novel sehingga seolah-olah pembaca merasakan apa yang digambarkan penulis. Pesan moral novel ini berkaitan dengan latar belakang pendidikan penulis, yaitu di Pesantren. Penulis menjabarkan bagaimana dipujanya seorang pelacur. Secara tidak langsung penulis menjelaskan yang pantas dipuja hanyalah Tuhan.


No comments:

Post a Comment

DEBAT Pengertian Debat : Debat adalah kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih baik itu perorangan ataupum kelompok dalam men...